batik Tulis Lasem Harga Batik Pasar Lasem
Cetak Undangan Murah Pasar Lasem
Kopi Lelet Mlete Pasar Lasem

Batik Nusantara

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Di masa lalu membatik merupakan salah satu mata pencaharian yang ada dalam kehidupan masyarakat. Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh beberapa pengaruh dari luar, sebagai contoh batik Yogyakarta dan Surakarta sebagai pusat batik Jawa dipengaruhi kehidupan keraton, batik "pesisir" muncul karena letaknya berada di daerah pesisir utara pulau jawa seperti Cirebon, Indramayu, Lasem, Bakaran, Madura dan lain sebagainya dipengaruhi budaya pedagang dan Bali yang banyak dipengaruhi Hindu.
Batik Nusantara

Motif Batik Nusantara

Motif batik Nusantara rata-rata menampilkan unsur alam dan budaya dari daerah mereka masing-masing. Motif-motif batik di Nusantara umumnya melambangkan falsafah hidup masyarakatnya daerah setempat. Oleh karena itulah maka masing-masing daerah mempunyai ragam corak dan warna yang khas.

Batik juga termasuk salah satu pusaka budaya. Pelestarian budaya akan membangun masa depan yang menyinambungkan berbagai potensi masa lalu dengan berbagai perkembangan jaman yang terseleksi. Kesinambungan yang menerima perubahan merupakan konsep utama pelestarian, yang bertujuan untuk memelihara sumber budaya dan identitas suatu lingkungan pusaka.

Batik Nusantara Menjadi Batik Warisan 

Pada tanggal 2 Oktober, 2009 UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia, karena sudah ada pengakuan dari dunia internasional bahwa batik merupakan salah satu budaya milik Indonesia asli.

Berikut ini macam-macam batik tradisional khas masing-masing daerah di Indonesia:

Motif Batik Yogyakarta
Motif Batik Aceh
Motif Batik Jambi
Motif Batik Bengkulu
Batik Solo
Motif Batik Riau
Motif Batik Padang
Motif Batik Lampung
Motif Batik Indramayu
Motif Batik Bogor
Motif Batik Cirebon
Motif Batik Garut
Motif Batik Madura
Motif Batik Pacitan
Motif Batik Sidoarjo
Motif Batik Tuban
Motif Batik Banyuwangi
Motif Batik Mojokerto
Motif Batik Ponorogo
Motif Batik Tulungagung
Motif Batik Kalimantan
Motif Batik Sulawesi
Motif Batik Papua
Motif Batik Bali
Motif Batik Nusa Tenggara

Subscribe our newsletter

0 Response to "Batik Nusantara"

Post a Comment