batik Tulis Lasem Harga Batik Pasar Lasem
Cetak Undangan Murah Pasar Lasem
Kopi Lelet Mlete Pasar Lasem

Batik Tulis Lasem Pagi Sore

Berbicara tentang batik, kurang lengkap kalu kita tidak membahas Batik Tulis Lasem Pagi Sore. kenapa di namakan batik pagi sore karena di dalam satu kain batik tersebut terdapat motif Gunung Ringgit Sekar Jagad Tiga Negeri, setengah bermotif Gunung Ringgit dan Sekar jaga Tiga Negeri.


Batik Tulis Pagi Sore Lasem


Batik Tulis lasem Pagi Sore Gunung Ringgit Sekar Jagad Tiga Negeri

selain motif-motif yang terdapat di dalam kain tersebut, kita juga mendapatkan dua gaya yang berbeda di dua suasana, di waktu pagi kita menggunakan batik lasem Gunung Ringgit dan sorenya kita bisa bergaya dengan bati Sekar Jagad Tiga Negeri.

Mengenal Sejarah Batik Tulis Lasem Pagi Sore

Batik Tulis Lasem Pagi Sore Gunung Ringgit Sekar Jagad Tiga Negeri adalah salah satu dari aneka motif Batik Tulis Lasem Pagi Sore yang mampu eksis hingga kini.
Sejarah munculnya Batik Lasem Pagi Sore Gunung Ringgit Sekar Jagad Tiga Negeri, tidak berbeda dengan asal muasal Batik Lasem Pagi Sore motif lainnya, misal Batik Lasem Pagi Sore Kawung Parang, Tiga Negeri dan Batik Tulis Lasem Pagi Sore Kawung Sekar Jagad Tiga Negeri.

Sejarah Batik Lasem Pagi Sore yang acap juga disebut Batik Lasem Esuk Sore, erat hubungannya dengan efisiensi budget / anggaran untuk membeli busana.
Batik Lasem Pagi Sore konon sengaja dibuat saat masyarakat terlilit krisis ekonomi. Pakaian menjadi barang yang mahal, sehingga sangat sulit untuk memiliki busana dalam jumlah yang cukup.

Menyikapi keterbatasan daya beli masyarakat kala itu, pengerajin batik di Lasem membuat batik berpola pagi sore atau istilah sekarangnya batik two in one. Maksudnya, satu batik bisa digunakan dua hari atau lebih dengan kesan berganti-ganti kain batik karena berbeda motif.

Namun dalam perkembangannya, motif Batik Lasem Pagi Sore selalu dibuat meski daya beli masyarakat sudah jauh membaik. Batik Lasem Pagi Sore semakin eksis bukan lagi karena terdesak oleh faktor ekonomi, tetapi karena alasan sense of art.

Eksistensi Batik Lasem Pagi Sore kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keanekaragaman motif Batik Lasem. Stailisasi ornamen motif Batik Lasem Pagi Sore semakin bervariasi, dan salah satu yang selalu memikat Batik Lovers adalah Batik Tulis Lasem Pagi Sore Gungung Ringgit Sekar Jaga Tiga Negeri ! Selain fashionable, Batik Tulis Lasem Gunung Ringgit Tiga Negeri layak untuk dikoleksi.

Subscribe our newsletter

0 Response to "Batik Tulis Lasem Pagi Sore"

Post a Comment